aplikasi Qlue untuk Pokemap

Mengikuti euforia, demam pokemon go,Sebuah  aplikasi Qlue merambah atau  menyisisipkan fungsi kebaradaan  lokasi Pokemon Go atau Pokemap.
Tujuannya adalah memudahkan pencari Pokemon untuk menangkap dan mengumpulkan pokemon-pokemon yang telah di dapat.
Caranya adalah dengan memberikan informasi yang benar teraktual keberadaan Pokemon di sekitarnya. Dengan begini,para pencarian Pokemon yang dikategori langka diharapkan semakin mudah. Meskipun aplikasi smartphon Qlue ini  hanya berlaku di wilayah Jakarta, namun Marketing Communication Manager Elita Yunanda mengatakan bahwa Pokemap berlaku di seluruh Indonesia.  Elita menjelaskan, para pencari Pokemon tinggal menandai lokasi-lokasi itu di aplikasi Qlue melalui Pokemap ketika menemukan Pokemon sambungnya.
Sedangkan untuk Pokemap ini terhubung dengan aplikasi Qlue sehingga segala bentuk laporan dan penandaannya harus melalui aplikasi agar bisa langsung muncul di situs peta Pokemap.


 Latar belakang

 Latar belakang Qlue meluncurkan situs ini bermula dari kompetisi berhadiah yang diadakan Qlue sebelumnya, #PokemonQlue. "Kemudian,  berpikir untuk membuat sebuah inovasi baru dengan memberikan informasi keberadaan letak keberadaan Pokemon melalui sistem crowdsourcing dan pemetaan dengan objek laporannya adalah monster dari Pokemon, sehingga diberi nama Pokemap,"

Elita mengatakan, fitur Pokemap murni merupakan inisiatif Qlue untuk membuat perubahan segi positif dengan cara yang menyenangkan dan mengajak pengguna untuk aktif melapor ke pemerintah.

 "Pada saat yang sama,  mengajak user untuk menandai keberadaan Pokemon - pokemon berdasarkan jenisnya mulai dari yang common (umum) hingga rare (langka) di dalam lingkup tempat tersebut," ujarnya.

cara untuk ikut serta

Berikut cara untuk ikut serta menandai Pokemon melalui Qlue.

  • Tahap 1 Pilih tombol "+" di bagian bawah aplikasi dan pilih "Lapor ke Pemerintah." Pastikan Anda berada di lokasi Pokemon yang ingin Anda tandai pada Pokemap. 
  • Tahap 2 Foto permasalahan kota seperti sampah, jalan rusak, PKL liar, pelanggaran, dan lain-lain. Kemudian, pilih label kategori laporan sesuai dengan topik. 
  • Tahap 3 Tulis judul dan deskripsi sertakan juga tagar #PokemonQlue #nama Pokemon kemudian kirim via Qlue. Kompetisi berhadiah Kompetisi Qlue yang memanfaatkan euforia Pokemon Go menghadirkan berbagai hadiah selama para pemburu monster Pokemon mau melapor kondisi fasilitas umum atau layanan publik di Jakarta. 

Caranya cukup mengambil foto yang menampilkan keberadaan monster Pokemon. Kemudian simpan foto dan unggah ke pilihan "Lapor ke Pemerintah" atau "Lapor ke Swasta" dengan menyertakan tagar #PokemonQlue.