nokia eksperimen internet mutakhir

vendor nokia boleh saja vakum di dunia smartphone, namun potensi besarnya di dunia digital masih membuat publik tercengang. Salah satu bukti nokia adalah eksperimen internet mutakhir.yang bekerja sama dengan dua universitas yakni Universitas Teknik Munich dan Deutsche Telkom T-Labs, ilmuwan dari Nokia Bell Labs mengembangkan teknik pemacu kecepatan internet yang di berinama Probabilistic Constellation Shaping (PCS).
sementara itu uji coba yang sudah dilakukan Nokia, pihaknya mengklaim mampu meningkatkan kecepatan transfer data internet hingga 1 terabit per detik dengan melalui kabel serat optik. Ini sama dengan 1000GB setiap detiknya! Bisa dibayangkan bila mengunduh sebuah film Full HD yang notabennya besar bisa berlangsung kurang dari 5 detik!
Kecepatan internet PCS Nokia tersebut juga jauh melampaui internet cepat Google Fiber. Saat ini, kecepatann tertinggi Google Fiber adalah 1 gigabit per detik. Artinya internet Nokia PCS 1000 kali lebih cepat dari Google Fiber.Untuk saat ini Nokia hanya melakukan uji coba internet PCS baru di  negara Jerman. Nokia akan memamerkan temuannya itu secara resmi di acara ECOCO 2016 di negara yang sama tanggal 19 September mendatang.