dpr renspon cepat gempa melanda aceh

Gempa 6,5 SR yang mengguncang Kabupaten Pidie, Aceh, menimbulkan kepanikan dan membuat banyak korban berjatuhan. Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan mengatakan pihaknya akan merespons cepat peristiwa ini dengan memberikan bantuan.
"Kami akan melakukan respons cepat atas kejadian ini dengan turut terlibat dalam upaya-upaya penanganan, termasuk memberi bantuan tenaga, materi, dan pikiran. Serta meminta kepada seluruh jajaran pemerintah mulai dari pusat hingga daerah Aceh dan sekitarnya untuk melakukan langkah-langkah strategis dan taktis," ujar Taufik kepada wartawan, Rabu (7/12/2016).
Taufik meminta kepada pihak terkait untuk memberikan penanganan, termasuk antisipasi gempa susulan. "Saya meminta perhatian penuh kepada seluruh komponen terkait untuk segera melakukan tindakan penanganan yang dibutuhkan, termasuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan gempa susulan," lanjut Taufik.
Selain di Pidie Jaya, gempa juga terasa di daerah lainnya. Taufik menyampaikan belasungkawa atas peristiwa tersebut.
"Saya menyampaikan duka mendalam atas musibah gempa bumi yang melanda Kabupaten Pidie Jaya, Aceh," imbuhnya.
Gempa berkekuatan 6,5 skala richter terjadi di Pidie Jaya pada pagi tadi pukul 05.03 WIB yang mengakibatkan sejumlah bangunan dan fasilitas umum rusak. Beberapa bangunan roboh dan sejumlah ruas jalan juga retak.