kiat-kiat rencana pernikahan

Merencanakan pernikahan adalah sebuah tugas yang sulit, dan harus melakukannya dalam waktu singkat membuat tugas itu menjadi lebih sulit dan berat. Tenang. Sulit bukan berarti mustahil untuk dilakukan, bukan?Liburan
Supaya semua persiapan pernikahan bisa tetap berjalan lancar meski hanya dalam waktu beberapa bulan saja, lakukanlah dengan strategi yang tepat. Lihat contekannya di bawah ini.

              Bersikaplah fleksibel
Dengan minimnya waktu yang dimiliki, jadilah orang yang fleksibel. Contoh, meski akhirnya tidak bisa menggunakan vendor favorit, Anda masih bisa minta bantuan mereka untuk memberikan referensi vendor lain yang dikenal dan memiliki kualitas serupa.

            Patuhlah pada jadwal
Cobalah bersikap ketat pada jadwal yang sudah diatur. Periksa terus apa saja yang sudah dan belum dikerjakan. Pastikan juga untuk selalu membuat to-do-list. Jadwalkan rapat mingguan bersama pasangan, keluarga, panitia dan tim vendor lainnya untuk mengawasi progres kerja yang sudah dilaksanakan dan rencana lain yang belum terlaksana.

    Berkoordinasi dengan semua vendor
Buka telinga untuk mendengarkan segala nasihat dari para vendor. Sebab mereka lebih berpengalaman dan tahu apa yang terbaik untuk hadapi situasi-situasi kritis. Percayakan kinerja tim wedding organizer Anda agar Anda terhindar dari stres.

    Minta bantuan keluarga dan sahabat
Keluarga dekat dan sahabat merupakan penolong tanpa pamrih terbaik yang bisa Anda miliki. Mereka paham jelas kondisi yang dialami melebihi orang lain.
Janganlah bersikap tertutup dan mencoba mengerjakan semuanya sendiri. Tak hanya bisa membuat stres dan lelah, sikap ini juga bisa membuat semua rencana tidak selesai tepat waktu.

Jangan terlalu banyak pilihan
Hindari membuka diri terhadap segala pilihan yang ada. Lebih baik kerucutkan pilihan. Cermati apa yang dibutuhkan dan tidak, apa yang disuka dan tidak. Kuncinya adalah selalu berpaku pada tema pernikahan dan konsep acara yang sudah dipilih, dan singkirkan segala hal yang tidak ada hubungannya.

Jangan minta nasihat terlalu banyak
Karena waktunya terbatas, maka pengambilan keputusan harus dilakukan dengan cepat. Boleh saja mendengarkan pendapat dari orang lain, tapi mendengarkannya terlalu banyak malah hanya akan membuat Anda makin bingung.
Jadi, putuskan saja yang benar-benar diinginkan. Sebab semakin cepat diputuskan, maka semakin banyak pula waktu yang dimiliki untuk melakukan pemeriksaan kembali pada hal-hal lain.