nyeri haid berlebihan bisa menyebabkan kista

kista umumnya dialami oleh wanita produktif. Karena tumbuhnya kista paling sering dipengaruhi oleh hormon estrogen.Namun, tumbuhnya kista tidak membuat wanita menyadari. Kista tumbuh di dalam rahim dengan tidak bergejala.

Spesialis Kebidanan dan Kandungan dr Kathleen Juanita Gunawan SpOG mengatakan, wanita kerap mengeluh mengalami nyeri haid hebat kemudian datang ke dokter, ternyata terdeteksi tumbuhnya kista. Kondisi ini dapat dilihat ketika melakukan USG.
"Paling banyak kista tidak bergejala, tapi ada keluhannya pas USG. Kalaupun bergejala, biasanya wanita akan mengalami nyeri haid hebat," ujarnya di Gedung Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (8/12/2016).
Saat mengalami haid, wanita akan merasakan nyeri yang membuatnya sangat tidak nyaman. Atau jika tampak perut membesar, bisa jadi ada tumbuh kista di bagian rahim.Kista ukurannya kecil dan berbentuk seperti benjolan yang berisi cairan. Ada kalanya kista menjadi jinak saat wanita tidak haid dan sebaliknya kista menjadi ganas saat wanita datang bulan.
"Kista akan jadi ganas saat wanita mengalami haid. Maka itu keluhannya mereka mengalami nyeri haid disertai nyeri otot, bahkan pingsan," tukasnya.