Sultan Kelantan akan mengunjungi Indonesia

Tahun depan, Indonesia dan Malaysia akan memperingati 60 tahun kemitraan. Dalam kesempatan tersebut, Sultan Kelantan, Muhammad V berencana mengunjungi Indonesia dan bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

“Sultan Kelantan kami akan mengunjungi Indonesia pada 2017. Tapi tanggal pastinya masih dalam pengaturan. Hal ini dilakukan dalam rangka peringatan 60 tahun menjalin kerjasama dengan Indonesia dan karena Indonesia adalah salah satu mitra penting kami,” kata Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Zahrain Mohamed Hashim di Jakarta pada Kamis (22/12/2016).
Sultan Muhammad V baru saja mengambil sumpah sebagai Yang Dipertuan Agung ke-15 di Istana Negara, Kuala Lumpur pada 12 Desember 2016. Secara konstitusional, gelar kepala negara ini dipilih oleh rakyat melalui pemilu. Akan tetapi, secara praktik Sultan dipilih secara rotasi atau bergilir. Sistem ini hanya berlaku di Malaysia sehingga terbilang unik.

Jika masyarakat Indonesia masih ingat dengan Manohara Odelia Pinot, model cantik yang pernah menikah dengan putra Sultan Kelantan. Sultan Muhammad V adalah mantan kakak iparnya.

Mantan suami Manohara yang diceraikan karena KDRT bernama Tengku Muhammad Fakhry Petra. Keduanya menikah pada 2008, ketika Manohara masih berumur 16 tahun