Wiranto mengungkapkan 17 laporan Satgas Saber Pungli

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan RI, Jend. TNI. Purn. Wiranto mengungkapkan bahwa 17 laporan yang diterima Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli), membuktikan masyarakat tak takut untuk melaporkan kepada oknum aparat yang melakukan pungli.

Hal tersebut disampaikan dalam acara sosialisasi Saber Pungli di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (18/12/2016).

"Selama kurun waktu dibentuknya Satgas Saber Pungli samapai sekarang, sudah mencapai 17.600 laporan. Itu bukan sedikit, banyak sekali," kata Wiranto.
"Artinya apa? Artinya masyarakat menyambut baik. Masyarakat tidak ragu-ragu, tidak takut untuk melaporkan kegiatan pungli di mana pun juga," tutur Wiranto.

Mengenakan kaus berwarna dominan putih, Mantan Menteri Pertahanan dan Keamanan RI itu menjelaskan pelayanan publik masih memiliki andil besar dalam pelaksanaan pungutan liar.

Hal itu, kata dia, masih menjadi fokus utama pemberantasan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar saat ini.

"Dari 17.600 laporan yang masuk, sebagian besar ini masih berada di pelayanan publik, jadi kita fokus disitu agar pungli ini enyah dari Bumi Indonesia," tegasnya Wiranto.

Dia meminta kepada seluruh lembaga dan instansi yang melakukan pelayanan publik untuk tetap mengevaluasi dan mengawasi praktik haram tersebut.

NEWS PRESIDEN JOKOWI TUNJUK POLRI SEBAGAI LEADING SEKTORAL OPP YANG KINI DINAMAI SABER PUNGLI Pasca OTT di Kemenhub, Presiden RI, Ir Joko Widodo (Jokowi) ingin melakukan reformasi hukum di setiap institusi. Termasuk institusi penegak hukum seperti Kejaksaan, Kepolisian dan Kemenkumham terkait sentra pelayanan mulai Imigrasi, Lapas, pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), juga yang berkaitan dengan perkara tilang. Hal tersebut pun disampaikan saat memimpin rapat terbatas mengenai Reformasi Hukum di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (11-10-2016). Ditegaskan, tidak ada pilihan lain, harus segera melakukan reformasi hukum besar-besaran, dari hulu sampai hilir. Rabu (12-10-2016), Menkopolhukam, Wiranto usai bertemu Presiden Jokowi di Kantor Istana Kepresidenan mengungkapkan, operasi pemberantasan pungli (OPP) yang sempat diucapkan Presiden ketika mendatangi Gedung Kemhub, dinamai Saber Pungli alias Sapu Bersih Pungutan Liar. “Presiden mengharapkan sapu bersih pungli dari kehidupan bangsa yang sedang membangun. Sedangkan leading sektoralnya adalah dari Kepolisian ,”ungkap Wiranto. #menkopolhukam #kapolri #divhumaspolri @divisihumaspolri
A photo posted by humas_polri (@halo_polisi) on