Festival Durian 2017

Dinas Pertanian Kota Semarang kembali menggelar Festival Durian 2017, mulai Jumat hingga Minggu 24-26 Februari 2017. Acara Festival Durian dipusatkan di Lapangan Waduk Jatibarang.
Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang, Rusdiana mengatakan akan menyediakan sekitar 20 ribu durian dalam festival tahunan tersebut.
"Kami menyediakan empat jenis durian lokal dengan citarasa nikmat di antaranya durian Tembaga dan Montong Gunungpati. Selain itu juga ada durian daerah lain untuk para pecinta durian," ujarnya, Kamis (23/2).
Habis Makan Durian di Gua Kreo Semarang, Heri Bawa Pulang Rp 2 Juta. FOTO Gubernur, Walikota makan durian di Semarang Festival Durian 2016, Sabtu 6 Februari 2016 di Gua Kreo Gunungpati.
Habis Makan Durian di Gua Kreo Semarang, Heri Bawa Pulang Rp 2 Juta. FOTO Gubernur, Walikota makan durian di Semarang Festival Durian 2016, Sabtu 6 Februari 2016 di Gua Kreo Gunungpati.
Dalam Festival Durian 2017, akan digelar berbagai macam acara yakni lomba durian unggul lokal, lomba makan durian, lomba mengukir dan merangkai buah nusantara, gunungan durian, dan bursa durian. Festival ini diikuti oleh dari berbagai asosiasi diantaranya Asosiasi Gapoktan,Asosiasi Multiflora, Asosiasi Petani Buah, Asosiasi Tanaman Obat, Asosiasi Jamur,Desa Wisata, Cluster Kuliner, dan Bursa durian.
"Untuk bursa durian, ada 100 stan yang tidak hanya menyediakan durian lokal Semarang namun juga durian dari berbagai penjuru daerah," kata Rusdiana.
Rusdiana mengatakan Walikota Semarang, Hendrar Prihadi akan hadir dalam gunungan durian yang digelar Sabtu (25/2).
"Acara akan dibuka dengan lomba mengukir dan merangkai buah nusantara. Setelah itu sekitar pukul 10.00 akan ada gunungan durian pemenang lomba durian unggul. Nanti secara simbolis diserahkan kepada Pak Wali. Lalu dinikmati bersama masyarakat," ujarnya.
Warga menikmati durian saat Festival Durian Mijen di Kota Semarang, Sabtu (23/1/2016).
Warga menikmati durian saat Festival Durian Mijen di Kota Semarang, Sabtu (23/1/2016). (Tribun Jateng/Rival Al Manaf)
Karena produksi durian menurun, Rusdiana tidak mematok harga maksimal Rp 100 ribu seperti tahun sebelumnya. "Hampir semua produksi durian turun karena hujan sehingga kami tidak mematok harga maksimal. Harga paling murah untuk durian manis Rp 45 ribu-Rp 50 ribu, tapi ada juga yang sampai Rp 200 ribu," ujarnya.