pikirkan dana darurat

mulai memikirkan dana darurat sejak dini adalah langkah yang tepat. Pasalnya, kita bisa tertimpa kejadian yang tidak terduga kapan saja, seperti kehilangan pekerjaan, kecelakaan atau adanya perawatan medis yang membutuhkan dana cukup banyak. Oleh sebab itu, dana darurat harus kita persiapkan untuk menghadapi situasi darurat semacam tadi. Perlu diketahui bahwa dana darurat atau emergency fund sebaiknya dikumpulkan sebesar 3- 6 bulan biaya pengeluaran keluarga anda. Dana darurat sebaiknya berbentuk dana yang mudah untuk dicairkan. Jika memang anda sudah menyimpan dana darurat dalam jumlah lebih dari 6 bulan pengeluaran, lebihnya bisa gunakan untuk investasi.

Bagaimana cara untuk mengumpulkan dana darurat dengan maksimal? berikut ini ada 4 langkah utama yang bisa anda jalankan:

  1.  Buat Dulu Rekening Khusus Dana Darurat Tempat yang paling aman untuk mengumpulkan dana darurat anda, adalah rekening bank. Jadi buatlah rekening bank khusus yang terpisah dari rekening pribadi atau rekening usaha anda. Dengan cara pemisahan ini, kita bisa fokus untuk menyimpan uang yang memang dikhususkan untuk dana darurat saja.
     
  2. Pahami Pola Keuangan Keluarga Anda Pola keuangan setiap keluarga tentu tidak sama. Untuk mengetahui Pola keuangan keluarga anda, mulailah dengan mengetahui setiap pengeluaran yang ada. lakukan pencatatan dari setiap pengeluaran rutin yang terjadi, seperti pengeluaran untuk bayar listrik, Internet, air dan lainya. Mungkin ada juga pengeluaran lainya seperti pengeluaran saat belanja, namun tidak dicatat terlebih dulu. Setelah itu hitung semua pengeluaran rutin, maka anda akan tahu berapa total pengeluaran tersebut setiap bulanya. Kemudian tentukan berapa dana darurat yang harus dikumpulkan untuk 3- 6 bulan dari pengeluaran tersebut.
     
  3. Sisihkan Sedikit Pengeluaran yang Ada Lakukan pengecekan dari catatan pengeluaran tadi. Apakah catatan ada pengeluaran yang bisa dipangkas atau dihilangkan? Jika ada, maka itu bagus, sisihkan uang sisanya untuk menambah uang dana darurat.

  4. Jangan Berutang dengan Kartu Kredit Bila sudah memutuskan untuk mengumpulkan dana darurat, sebaiknya hindari untuk berutang dengan kartu kredit. Jika saat ini sudah terlanjur masih memiliki utang kartu kredit, maka segera lunasi utang tersebut. Lunasi utang yang memiliki suku bunga paling tinggi. Walaupun anda masih berutang kartu kredit, bukan berarti anda melupakan untuk mengumpulkan dana darurat yang akan sangat membantu di masa depan. Dana Darurat Harus Diprioritaskan Sejak Dini Bagi pasangan muda, mungkin anda belum terlalu tertarik untuk mengumpulkan dana darurat seperti langkah di atas, namun sebaiknya menggunakan prinsip bersusah dulu, bersenang kemudian. Siapkan dana darurat sejak dini untuk keperluan nanti di masa yang akan datang.