Vinales dari Movistar Yamaha optimin meraih kemenangan

Andai balapan MotoGP 2017 dimulai besok, maka Maverick Vinales dari Movistar Yamaha merasa yakin dia bisa meraih kemenangan. Sedangkan Marc Marquez dari Repsol Honda optimistis meraih podium.
Balapan MotoGP 2017 akan dimulai di balapan malam hari yang digelar sirkuit Losail, Qatar pada 26 Maret mendatang. Uji coba pramusim telah tuntas digelar, persiapan sudah memasuki tahap akhir. Para pebalap kini sudah menatap balapan seri pertama.
Pebalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales berhasil melakukan sapu bersih menjadi yang tercepat di semua sirkuit selama digelar empat kali uji coba pramusim 2017. Dia menjadi yang tercepat di Valencia, Sepang, Philip Island, dan Losail.
Dari tiga hari uji coba di Losail, Vinales menjadi yang tercepat pada hari ketiga tes pramusim MotoGP 2017 di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (12/3).
Tercepat kedua pada hari terakhir adalah Andrea Dovizioso (Ducati Team) dengan putaran terbaik 1 menit 54,401 detik. Dani Pedrosa (Repsol Honda) menyusul di urutan ketiga dengan 1 menit 54,469 detik.
"Jika kita melakukan hal yang sama saat balapan seri pertama seperti yang kita lakukan di tes, kami meraih kemenangan. Kami memiliki paket motor yang benar-benar baik dan saya merasa nyaman. Saya merasa bahwa kami masih bisa lebih baik lagi, kami masih memiliki margin untuk meningkat lagi," kata Vinales di situs Yamaha.
Dari semua sesi uji coba yang sudah digelar, Vinales punya ide jelas saat balapan resmi digelar. Dia tegaskan akan berusaha tidak membuat kesalahan, berusaha untuk menjaga kecepatannya dengan konstan.
Dia juga sudah memperhitungkan siapa yang akan jadi pesaing terberatnya saat balapan nanti.
Di antara semua rival, Vinales menyebut Marc Marquez sebagai pesaing terberat. "Saya pikir Marc adalah lawan paling mengancam. Dia selalu ada di depan, di semua balapan. Jadi dia yang paling konstan. Juga Valentino (Rossi), luar biasa cara Valentino mengelola balapan. Dari dia saya bisa belajar terus meningkatkan kemampuan," katanya.
Menurutnya, ada banyak pebalap yang bisa menjadi favorit juara di awal musim ini. Setidaknya satu dari Ducati, dari Yamaha, dan dari Honda yang juga bisa jadi juara. Ada banyak pebalap yang tangguh, sekalipun pebalap pendatang baru seperti Folger dan Johann Zarco yang sangat kuat dan mereka bisa membuat kejutan.
Sebagai salah satu pebalap yang dijagokan oleh Vinales, Marquez juga optimistis tetap ada di barisan terdepan dengan kecepatannya saat ini.
"Seperti yang saya katakan, ritme kami cukup baik; hanya Maverick [ViƱales] yang lebih cepat dari semua orang di sini, dan jika kita balapan besok saya percaya saya bisa berjuang untuk podium. Saya senang dengan kecepatan kami yang mampu kami lakukan, tapi tentu saja itu belum tes terbaik dari pra-musim kita," katanya.
Sedangkan Valentino Rossi merasa dia masih belum 100 persen dalam kecepatan terbaiknya pada saat ini. Namun dia akan berusaha untuk lebih kuat pada saat digelar balapan pertama.
"Saya pikir kami masih belum siap, kita tidak mengerti 100 persen bagaimana membuat kerja motor maksimum. Kami sedikit khawatir, kecuali untuk beberapa lap yang baik pada sesi uji coba musim dingin ini. Sekarang kita harus berbicara bersama-sama dan mencoba untuk menjadi lebih kuat untuk balapan pertama. Saya berharap untuk menjadi lebih cepat dan lebih kompetitif," kata Rossi.


sumber tribun