Kominfo kerjasama dengan perusaan mendia sosial milik mark zuckerberg

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerjasama dengan perusaan mendia sosial milik mark zuckerberg yakni Facebook dan whatsapp
untuk membuat chatbot WhatsApp terkait virus corona (COVID-19). Diharapkan chatbot tersebut dapat menjadi akses publik untuk mendapatkan informasi terkait COVID-19.

"Publik dapat berinteraksi dengan akun chat resmi pemerintah tersebut untuk memperoleh informasi secara interaktif melalui chatbot yang kontennya disediakan oleh BNPB dan Kemenkes. Untuk nomornya akan dipublikasikan secepatnya," kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate dalam konferensi online di Kominfo TV, Kamis (19/3/2020).

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa chatbot diharapkan sudah live trial mulai Jumat, 20 Maret 2020. Sosialisasi mengenai akun chatbot tersebut akan dilakukan melalui lembaga penyiaran, SMS blast, dan banner di media sosial.

"Facebook selaku pemilik WhatsApp juga berkomitmen untuk memberikan kebijakan khusus Indonesia untuk dapat menyalurkan pesan WhatsApp blast terkait COVID-19. Kemkominfo menyediakan form bagi publik yang bersedia menerima blast pada akun WhatsApp," imbuh Johnny.

Ia menambahkan bahwa WhatsApp telah memberikan kebijakan eksklusif kepada dua negara terkait chatbot dan blast WhatsApp yakni Indonesia dan Singapura

Untuk mengetahui berapa banyak jumlah orang yang terinfeksi virus corona, Anda bisa memanfaatkan chatbot COVID19 yang disediakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Untuk mencoba chatbot COVID-19, Anda bisa menuju nomor layanan chatbot WhatsApp 081133399000 atau mengakses link berikut ini: https://wa.me/6281133399000.
sumber okezondotcom