resmi meluncurkan ponsel Galaxy S20 seperti ini resolusi cameranya

samsung baru saja secara resmi meluncurkan ponsel Galaxy S20 Ultra di Indonesia. Saya sempat menjajalnya di acara peluncuran tersebut, desain dari ponsel flagship ini hampir sama seperti Galaxy S20 Series lainnya, hanya saya Galaxy S20 Ultra memiliki lensa model periskop untuk keperluan zoom yang lebih jauh. Dilansir dari Engadget (5/3), iFixit baru saja membongkar ponsel ini, dan di dalamnya terlihat mengapa ada sedikit tonjolan di bagian kamera belakang S20 Ultra.

Kamera utama ponsel flagship ini berbekal sensor beresolusi tinggi 108 MP. Sensor ini sendiri mencakup dua kali lipat luas permukaan unit sensor beresolusi 12 MP dalam iPhone 11 Series. Sementara itu, kamera zoom berdesain seperti periskop membutuhkan banyak ruang untuk desain lateral yang tidak biasa, termasuk stabilisasi gambar optik hanya untuk konfigurasi prisma di dalamnya.

Pembongkaran yang dilakukan iFixit itu juga menunjukkan betapa sedikitnya ruang yang tersedia untuk chipset karena tersemat modul empat kamera dan baterai besar berkapasitas 5.000 mAh. Papan Sirkuit yang mirip laba-laba dimasukkan ke kisi-kisi dengan komponen khusus, termasuk prosesor dan modem. Hal ini bisa dibilang alasan mengapa Samsung tidak melengkapi ponsel dengan jack audio 3,5 mm. Oleh karena itu, mendengarkan musik lewat earphone harus dicolokkan ke port USB Type-C, atau nirkabel.Kemungkinan besar orang biasa tidak dapat membongkar Galaxy S20 Ultra sendiri, karena proses pembongkarannya harus melepaskan penutup belakang yang menggunakan mekanisme rumit. Selain itu, bagian layar dan baterai sangat sulit untuk dilepas. Secara keceluruhan, Samsung memiliki alasan tersendiri mengapa Galaxy S20 Ultra berukuran lebih besar daripada Galaxy S20 Series lainnya.