agar dapat gratis listrik selama 3 bulan

Presiden Jokowi menjanjikan tarif listrik nol atau gratis untuk pelanggan listrik 450 VA. Untuk pelanggan listrik 900 VA mendapat diskon 50 persen. Adapun pelanggan listrik 450 VA sebanyak 24 juta pelanggan dan pelanggan 900 VA sebanyak 7 juta pelanggan.

Kebijakan menggratiskan tarif listrik ini sebagai salah satu upaya meringankan beban masyarakat di tengah pandemi. Namun untuk bisa mengakses, pelanggan perlu memahami langkah-langkah yang tertentu.
Berikut kumparanmeringkas poin-poin penting soal informasi PLN Gratiskan Listrik:
Hanya untuk Masyarakat Miskin
Listrik gratis, warga miskin di Aceh
Petugas memasang listrik gratis untuk rumah warga miskin di Aceh. Foto: Dok. Pemprov Aceh
VP Public Relations PLN Dwi Suryo Abdullah menjelaskan, pelanggan 450 VA dan 900 VA bersubsidi (bukan 900 VA RTM) adalah rumah tangga tidak mampu yang selama ini sudah menerima subsidi listrik, yakni mereka yang termasuk dalam 40 persen masyarakat termiskin di Indonesia berdasarkan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). 
Orang-orang yang tidak termasuk dalam golongan tidak mampu menurut data TNP2K tidak boleh menjadi pelanggan listrik 450 VA maupun 900 VA bersubsidi.  

"Pemberlakuan subsidi itu adalah hasil pendataan PLN dan TNP2K pada 2015-2016. Jadi itu yang mempunyai hak," kata Dwi Suryo kepada kumparan.
Listrik Gratis dari Jokowi Ada Batasnya
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membeberkan skenario pelaksanaan listrik gratis selama 3 bulan yang dijanjikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Dalam instruksi Kementerian ESDM kepada PLN soal mekanisme pembebasan biaya listrik untuk 24 juta pelanggan rumah tangga 450 VA, dijelaskan pelanggan 450 VA prabayar akan diberi token gratis sebesar pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir. Artinya, pelanggan akan membayar jika pemakaiannya pada April hingga Juni di atas rata-rata 3 bulan sebelumnya. 
Untuk pelanggan 450 VA reguler (pascabayar), rekening listrik gratis untuk biaya pemakaian dan biaya beban. Tidak ada batasan pemakaian seperti halnya pelanggan prabayar. 
Sedangkan untuk 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang dijanjikan Jokowi mendapat diskon 50 persen selama 3 bulan, rekening listrik hanya 50 persen (biaya pemakaian dan biaya beban) bagi pelanggan pascabayar. 
"Adapun untuk pelanggan 900 VA bersubsidi prabayar, setiap bulannya diberikan token listrik gratis sebesar 50 persen dari pemakaian bulanan tertinggi dari pemakaian 3 bulan terakhir," kata Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana dalam video conference, Rabu (1/4).
Coba Cara Ini untuk Dapat Listrik Gratis dari PLN
Gratis Listrik Dampak Corona
Warga memasukkan pulsa token listrik di tempat tinggalnya, di Jakarta, Selasa (1/4/2020). Foto: Antara/Nova Wahyudi
Berikut mekanisme pengambilan token gratis untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan diskon 50 persen untuk Pelanggan Rumah Tangga daya 900 VA bersubsidi.  
Mekanisme website dengan cara:  
1. Buka alamat www.pln.co.idkemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus COVID-19 
2. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di layar.
3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan. 
Atau Anda juga bisa mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123. Dengan cara : 
1. Buka Aplikasi WhatsApp 
2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123, ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan. 
3. Token gratis akan muncul 
4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan. 
Dengan ID Pelanggan tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir. 
Saat ini, ada sekitar 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem.
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!