barcelona patuhi aturan keselamatan dari pemerintah

Barcelona belum mengumumkan kepada para pemainnya tentang rencana memulai kembali latihan sebelum La Liga bergulir kembali. Namun, Azulgrana akan mengikuti petunjuk yang ditetapkan oleh Pemerintah Spanyol terkait keselamatan para pemain secara penuh dan tidak ingin mengambil risiko akan keselamatan baik pemain, pelatih, staf, maupun karyawan klub.

Aturan keselamatan dari pemerintah akan diterapkan secara penuh dan ketat guna melindungi seluruh anggota tim utama saat mereka kembali ke pusat latihan untuk memulai latihan.

Dijelaskan, sebagaimana dikutip dari Marca.com, hal pertama yang harus dilakukan para pemain adalah menjalani tes virus corona yang akan dilakukan pada Rabu (6/5/2020) sore waktu setempat. Latihan akan digelar setelah ada hasil dari tes ini. Dan, hasil tersebut baru diketahui beberapa hari kemudian. Latihan itu pun bersifat individual yang ditemani oleh para pelatih fisik klub.

Meski kembali berlatih, aturan jaga jarak sosial atau social distancing akan tetap diberlakukan secara penuh dan ketat di lokasi latihan. Kontak antar pemain dan antar pemain dan staf juga dilakukan seminimal mungkin.

Para pemain juga sudah harus ganti pakaian latihan di rumah sebelum datang ke latihan. Setelah latihan selesai, mereka juga langsung kembali ke rumah masing-masing dan tidak mandi di lokasi latihan seperti pada situasi normal sebelum La Liga dihentikan sementara.

Setelah fase latihan individu ini, tahap berikutnya adalah para pemain berlatih dalam kelompok-kelompok kecil. Pada fase ini, para pemain sedapat mungkin tidak melakukan kontak dengan keluarga masing-masing. Aturan ini cukup memberatkan para pemain.

Setelah tahapan ini selesai, barulah memasuki tahap menggelar latihan persiapan pertandingan. Pelatih Quique Setien dan para stafnya memberikan sesi-sesi latihan taktis, tetapi juga dalam jumlah terbatas yaitu maksimal terdiri dari 14 pemain.

Bila tahap-tahap yang memakan waktu selama satu bulan itu rampung, barulah tim-tim La Liga Spanyol siap menggulirkan kembali La Liga.



Sumber: Suara Pembaruan